Amanda Rizki Yuanita


Run and Jump !

Bentuk-Bentuk Pasar

Kehidupan manusia tidak bisa lepas dengan kegiatan ekonomi dan selalu dihubungkan dengan pasar. Pasar yang melingkari kehidupan ini memiliki arti penting. Hal ini dapat diketahui karena dalam pasar terdapat penawaran dan permintaan. Telah diketahui bahwa pasar merupakan tempat untuk bertemunya pembeli dengan penjual. Dalam pertemuan tersebut akan menghasilkan sebuah interaksi yang akan menghasilkan sebuah aktivitas ekonomi. Dalam pembagian strukturnya, pasar dibagi menjadi dua kategori, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

      Dalam pasar persaingan sempurna memiliki ciri yang berhubungan dengan adanya jumlah pembeli dan penjual yang banyak, produk yang diperjual belikan bersifat homogen, penjual dan pembeli yang bebas keluar masuk pasar, informasi pasar yang bersifat sempurna, dan harga terbentuk di pasar. Produk yang diperjual belikan di dalam pasar persaingan sempurna ini bersifat homogen, hal ini juga akan mempengaruhi kepuasan yang akan di dapat oleh konsumen karena dalam hal ini konsumen tidak perlu mengetahui siapa produsennya. Selain itu, dalam pasar persaingan sempurna faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi (ahim.staff.gunadarma.ac.id). Pasar persaingan sempurna ini dapat ditemui dalam pasar tradisional karena sudah menjadi hal umum yang harus diketahui bahwa terjadinya pasar persaingan sempurna hanya akan berpengaruh terhadap barang-barang yang bersifat mendasar (kebutuhan primer).

      Pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang produknya bersifat heterogen dan pembeli dan penjual memiliki pengaruh terhadap perubahan harga (Lieberman & Hall 2003, 55). Dalam persaingan pasar tidak sempurna dapat dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu monopoli-monopsoni, oligopoli-oligopsoni, dan pasar persaingan monopolistik (masud.lecture.ub.ac.id). Namun, kali ini dalam persaingan pasar tidak sempurna akan membahas mengenai pasar monopoli, oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.

      Pertama, pasar monopoli merupakan pasar yang hanya memiliki satu penjual (Guell 2008, 68). Dalam pasar monopoli ini yang menentukan harga ialah penjual karena penjual disini bersifat price maker, contoh Consolidated Edison. Kedua, pasar oligopoli merupakan pasar yang memiliki karakteristik memiliki beberapa penjual. Model pasar seperti ini dapat ditemui dalam bentuk pasar yang terlibat dalam bidang komunikasi, contohnya Verizon, AT&T, dan lain-lain. Terdapatnya contoh dalam bidang komunikasi ini dapat dilihat bahwa dalam bidang komunikasi, produsenlah yang menentukan harga, namun dalam hal ini harga yang dikeluarkan tidak memliki perbedaan yang begitu mencolok (Guell 2008, 69). Ketiga, pasar persaingan monopolistik merupakan pasar yang memiliki banyak penjual dan terdapat persaingan harga yang begitu mencolok dan terjadi di antara para penjual. Terdapat perbedaan tersebut karena adanya pengaruh dari supply dan demand untuk produk-produk yang disebarkan. Hal ini dapat dilihat pada persaingan pasar yang terjadi dalam perluasan junk food atau fast food. Perluasan pasar ini dilihat dalam adanya perbedaan harga yang nantinya akan mampu menarik perhatian dari konsumen (Guell 2008, 69).

      Terdapatnya pasar persaingan sempurna maupun pasar persaingan tidak sempurna dapat memberikan perbedaan yang jelas untuk dipahami. Dalam pasar persaingan sempurna adanya perubahan harga ini tidak ditentukan oleh produsen maupun konsumen. Namun, berbeda halnya dalam pasar persaingan tidak sempurna karena harga yang terdaftar dalam pasar dipengaruhi dari adanya kekuatan yang dimiliki dari produsen dan konsumen. Kekhasan masing-masing pasar memberikan perbedaan yang mampu memberikan alasan bahwa hal yang terjadi tersebut juga dipengaruhi dari berapa banyak produsen dan konsumen yang terlibat di dalamnya.

       

Referensi :

Guell, Robert C. 2008. Chapter 5: Perfect Competition, Monopoly, and Economic versus Normal Profit dalam Issues in Economics Today. New York: McGraw Hill.

t.n., t.t. “Struktur Pasar” [online]. Dalam http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../STRUKTUR+PASAR.ppt‎ [diakses 3 Oktober 2013].

t.n., t.t. “Teori Pasar” [online]. Dalam http://masud.lecture.ub.ac.id/files/2012/07/08-Teori-Pasar.pdf [diakses 3 Oktober 2013].

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :