Amanda Rizki Yuanita


Run and Jump !

Pertumbuhan Ekonomi dan Gross Domestic Product

 

Peningkatan standar hidup masyarakat suatu negara dapat dilihat dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang terjadi di dalam suatu negara. Peningkatan ini dilihat dengan adanya kesejahteraan yang terjadi dan dirasakan oleh masyarakat dalam negara tersebut. Pengertian dari pertumbuhan ekonomi menurut Kuznets, yaitu kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan barang-barang ekonomi kepada masyarakatnya (almasdi.unri.ac.id). Pertumbuhan ekonomi yang dialami oleh setiap negara ini juga mempengaruhi Gross Domestic Product yang terjadi di dalam negara tersebut. Namun, terjadinya GDP ini biasanya dihitung ke dalam per kapita dari negara tersebut. GDP per kapita merupakan pendapatan yang di dapat per individu dalam suatu negara. Dalam pendapatan yang diterima oleh individu tersebut mengalami peningkatan (tinggi), maka akan mempengaruhi dalam standar hidup yang nanti dinikmatinya, yaitu dengan semakin meningkatnya pendapatan seseorang, maka akan semakin meningkat juga standar hidupnya (Gwartney et al. 2008, 342).

Dalam pertumbuhan ekonomi ini tidak lepas dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti yang dijelaskan dalam Gwartney et al. (2008), yaitu peningkatan dalam keuntungan melalui trading, penemuan teknologi dan inovasi, dan perawatan dan pemeliharaan terhadap sumber daya manusia dan teknologi. Pada faktor pertama dijelaskan bahwa dengan adanya faktor ini mempengaruhi perdagangan yang akan meningkatkan keuntungan diantara satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini perdagangan yang terjalin diantara satu pihak dengan pihak lainnya akan mampu memberikan pengaruh terhadap produksi barang yang dijadikan spesialisasi dari setiap masing-masing pihak karena dari setiap pihak memiliki spesialisasi yang berbeda-beda, maka dengan perbedaan ini akan mempengaruhi produk yang akan diproduksi masa dan pemberian keuntungan bagi setiap pihak-pihak tersebut.     

Pada faktor kedua dikatakan bahwa teknologi dan inovasi mempengaruhi karena dengan semakin meningkatnya pengusaha-pengusaha yang ada dan berkembang untuk menjajakan hasil produksinya. Namun, dalam menjajakan barang-barang tersebut masih memiliki kemiripan dan tidak terlalu jelas mengenai ciri-ciri yang dimiliki dari setiap produk yang tersebar dan berasal dari setiap produsen yang berbeda. Maka, dengan adanya kejadian semacam ini mempengaruhi terjadinya suatu inovasi dari setiap produsen yang akan mampu memberikan ciri khusus dari setiap produk yang diproduksinya. Inovasi yang diberikan oleh setiap produsen ini tidak lepas kaitannya dengan teknologi yang berkembang karena dengan perkembangan teknologi juga dapat memberikan peningkatan dalam inovasi. Dengan kejadian ini maka akan membantu para produsen dalam menandakan produktivitasnya yang tinggi karena dengan usaha dalam menginovasi produknya.

Sedangkan, pada faktor ketiga dijelaskan bahwa dengan adanya peningkatan dari sumber daya manusia dan teknologi yang dimiliki nantinya akan berpengaruh terhadap peningkatan dalam jumlah produksi barang. Hal ini mempengaruhi karena dengan semakin tinggi tingkatan pendidikan yang dimiliki oleh masyarakat dalam suatu kawasan negara, maka akan mampu mempengaruhi dalam jalannya kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat dalam suatu proses produksi yang akan memberikan peningkatan dalam pendapatan. Selain itu, dengan kemampuan yang dimilikinya ini akan dapat memberikan pengaruh terhadap hasil produktivitas dalam suatu negara karena dengan peningkatan tersebut masyarakat mampu untuk menghasilkan teknologi-teknologi (mesin produksi) yang mampu membantu dalam memproduksi barang. Namun, dalam kasus ini tidak semua negara memiliki penigkatan dalam pendidikan yang setara yang akan mempengaruhi produksi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, terdapat negara yang memiliki peningkatan dalam pendidikan untuk masyarakat, namun dalam pertumbuhan ekonomi yang terjadi di dalam negara tersebut dapat dikatakan sangat lamban.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dalam pertumbuhan ekonomi ini juga tidak bisa lepas dengan adanya peran dari negara. Peran negara tersebut berada dalam kebijakan-kebijakan yang dibuatnya (Gwartney et al. 2008, 347). Kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah tersebut dalam Gwartney et al. (2008) antara lain adanya penerapan dalam sistem yang legal, menciptakan pasar yang kompetitif, stabilitas uang dan harga, meminimalkan regulasi, dan menghindari penetapan pajak yang tinggi, serta membuka pasar. Dari penjelasan-penjelasan yang penulis utarakan, maka dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang terjadi dalam suatu kawasan negara bertujuan untuk mewujudkan agar tercapainya perekonomian negara. Selain itu, dengan pertumbuhan ekonomi juga dapat memberikan gambaran mengenai apa yang terjadi dan dirasakan oleh masyarakat yang tergabung di dalamnya. Dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang diinginkan ini diperlukan adanya pengaruh dari faktor-faktor yang mampu untuk mendukungnya karena dengan adanya dukungan tersebut maka akan mampu untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut. Hal ini diperlukan karena dalam meraih pertumbuhan yang diinginkan tidak semudah seperti yang dibayangkan.

 

 

Referensi :

Gwartney, James D., et al. 2008. “Chapter 16: Creating an Environtment for Growth and Prosperity”, dalam Macroeconomics Private and Public Choice. South-Western: Cengange Learning.

t.n. t.t. “Pertumbuhan Ekonomi” [online] dalam http://almasdi.unri.ac.id/bahan_ajar/Ekonomi_Pembangunan/Pertemuan_3_pertumbuhan%20ekonomi.pdf [diakses 23 November 2013].

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :