Amanda Rizki Yuanita


Run and Jump !

Esensi Hubungan Internasional

Amanda Rizki Yuanita ( 071211233030 / B )

Weekly Assignment 3

Esensi Hubungan Internasional

 

Dunia ini semakin tua, semakin lama semakin berkembang dan semua anggapan tentang sesuatu hal (ilmu) beragam, contoh yang dapat kita ambil, yaitu mengenai pandangan seorang tokoh tentang pengertian ilmu hubungan internasional (HI) yang beranggapan berbeda tentang pengertian ilmu HI tersebut dengan tokoh yang lain. Kasus semacam ini, yaitu perbedaan pendapat acap kali membuat pemahaman tentang ilmu HI itu semakin susah untuk di definisikan. Tetapi sebenarnya dengan adanya perbedaan seperti itu menuntut agar dapat menarik kesimpulan apa sebenarnya yang menjadi landasan pengertian dari ilmu HI itu sendiri. Ilmu HI merupakan suatu disiplin ilmu yang menjelaskan aspek-aspek penting dalam perkembangan di dunia internasional. Selama ini diketahui bahwa cakupan ilmu HI hanyalah di bidang politik saja, namun sebenarnya pemikiran hal seperti itu kurang tepat karena ilmu HI itu memiliki cakupan luas baik itu di bidang ekonomi, sosial, hankam, ataupun di bidang lainnya.

Dengan memiliki cakupan yang luas seperti ini, ilmu HI itu memerlukan interaksi untuk melanjutkan ataupun melaksanakan sebuah kegiatan di bidang yang tadi telah disebutkan. Interaksi ini merupakan esensi penting dari HI. Dapat dikatakan bahwa esensi tersebut memiliki peran penting demi terlaksananya komunikasi. Komunikasi sangat baik bagi negara-negara yang saling berkepentingan untuk melaksanakan kerjasama baik dalam semua bidang. Komunikasi berperan penting dalam menjaga kestabilan suatu negara di lingkup internasional. Selain itu, komunikasi perlu dijaga karena jika komunikasi tersebut tidak berjalan dengan baik akan berakibat fatal bagi kedua belah pihak tersebut, contohnya dapat mengakibatkan perpecahan ataupun kesalahpahaman bagi kedua belah pihak yang sedang bersengketa. Sedangkan jika kita menjaga atau menjalin komunikasi dengan baik dapat memberikan dampak positif, yaitu dapat mencapai tujuan bersama.

Dapat dijelaskan bahwa kedua negara tersebut, yang telah dijabarkan tadi merupakan pemain atau actors. Pemain (actors) bukan saja hanya negara, tetapi actors tersebut dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu 1) state actors yang terdiri dari negara dan pemerintah, 2) non-state actors yang terdiri dari perusahaan multinasional, International Non Governmental Organisation, dan Non Government Organisation. Actors memiliki kekuatan untuk mengemukakan interest-nya masing-masing. Interest merupakan suatu upaya yang harus dilakukan agar dapat menciptakan suatu interaksi global. Selain itu, actors juga memiliki power. Power memiliki peranan yang sangat penting karena dapat diandalkan suatu negara untuk dapat mencapai tujuannya, contoh seperti China. China yang saat ini merupakan negara yang sedang naik daun karena diusung sebagai pemegang power yang cukup kuat dalam melancarkan segala aksinya untuk pihak lain. China memiliki peranan penting dalam berbagai sektor, baik itu dalam sektor ekonomi, militer, politik, serta dalam bidang lain. Dapat dikatakan bahwa China dapat mengambil andil yang sangat besar bagi pihak yang melakukan kerjasama dengan negara tersebut. Tentu sebenarnya setiap negara memiliki power-nya masing-masing. Selain itu, dapat dilihat dari sebuah kutipan “no nation is an inland” menjadi bukti kuat bahwa interaksi yang dilakukan pihak satu dengan pihak yang lain itu sangat penting. Karena tidak ada pihak contohnya negara yang mampu berdiri sendiri tanpa adanya interaksi dengan negara lain.

Kesimpulan yang di dapat dari penjelasan yang telah dijabarkan, yaitu interaksi yang berperan penting dalam melakukan segala upaya untuk melakukan suatu komunikasi agar mencapai tujuan bersama. Hal semacam ini harus lebih ditekankan lagi demi terlaksananya suatu kerjasama antar pihak satu dengan pihak yang lain. Dasar utama bagi pembelajaran ilmu HI adalah agar mampu mencetak lulusan-lulusan yang sangat berkompeten dalam bidangnya, serta mampu untuk berpikir strategis dan dinamis.


1. Kusnan

pada : 09 October 2012

"Selamat belajar, semoga sukse. "


2. Kusnan

pada : 09 October 2012

"Sukses selalu, amin."


3. wayan suwardani

pada : 04 February 2015

"good!"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :