Amanda Rizki Yuanita


Run and Jump !

Teori Hubungan Internasional

Teori yang sering disalahartikan pengertian atau mungkin pemahaman akan teori masih sangat susah untuk dibedakan dari konsep. Peranan teori ini sangatlah berguna karena dengan adanya teori ini sendiri bisa dapat menjelaskan yang lebih detail kembali tentang pemahaman yang sedang dibicarakan dalam suatu topik. Teori bukan sekedar suatu penjelasan yang tak berbobot. Pengertian teori pun banyak, antara lain: teori ialah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa, dan teori merupakan asas dan hukum yang menjadi dasar ilmu pengetahuan. Selain itu terdapat pengertian teori yang menjelaskan bahwa teori merupakan pendapat, cara, dan aturan untuk melakukan sesuatu (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991: 1041).

Dapat diketahui bahwa fakta dengan adanya teori ialah alat untuk menjelaskan fenomena. Selain itu, fungsi dari teori ialah kekuatannya dalam menjelaskan. Karena teori sendiri merupakan proposisi yang menjelaskan hubungan antara variabel fenomena hubungan internasional yang tidak mudah di ukur. Teori lahir dalam kondisi yang khusus, sehingga generalisasinya rendah  (Dugis, 2013). Teori yang ada saat ini bukan berarti tidak diketahui asal usulnya. Namun, teori yang ada saat ini ialah teori yang jelas tentang bagaimana ia bisa muncul atau lahir. Semua ini mungkin tidak mudah untuk dipahami karena banyak sebagian orang yang masih bingung dengan pengertian kata teori itu sendiri.

Teori yang bukan hanya fungsinya memberi penjelasan yang sejelas-jelasnya bagi yang membutuhkannya, tetapi teori juga bisa membantu untuk memudahkan seseorang dalam memahami suatu pengertian yang kurang untuk dipahami. Karena dapat diketahui bahwa teori sendiri tidaklah sangat mudah untuk dibuat. Teori sendiri sebenarnya memberikan manfaat.

Bagi sebagian orang yang masih menganggap teori sebagai hipotesis biasanya masih saja dilingkupi dengan pikiran yang masih kelam. Itu semua bukan berarti dengan adanya teori dapat langsung diterima seperti yang telah dijelaskan tadi. Namun, teori bukanlah hal yang bisa langsung menjadi suatu pemikiran orang-orang dengan mudahnya untuk menerimanya. Karena teori merupakan pendapat yang dikemukakan oleh seseorang dan itu semua haruslah berdasarkan sesuatu yang dapat untuk dipertanggung jawabkan.

Dengan adanya teori pula dapat membantu para penstudi hubungan internasional untuk dapat memahami peran penting hubungan internasional sendiri dalam ruang lingkup internasional. Namun, bukan hanya dalam hubungan internasional saja, dengan adanya teori juga dapat membantu bidang studi lain untuk memahami arti semua yang dibutuhkan dalam bidang yang ditekuninya. Hubungan internasional sendiri dalam menjelaskan atau untuk memahami suatu hal pun juga membutuhkan adanya teori. Karena teori dalam hal ini berperan sangat penting. Contoh yang dapat diberikan, yaitu kejadian yang terjadi dalam internasional misalnya perang dunia. Hal ini dapat dilihat bahwa perang dunia sendiri juga memiliki teori yang dapat menjelaskan bagi para penstudi hubungan internasional untuk dapat memahaminya. Bukan berarti hal ini tidak memiliki dampak yang menjadi rancu bagi para penstudi hubungan internasional karena dengan adanya teori ini bisa saja membuat penstudi hubungan internasional harus lebih memilah-milah dan menseleksi untuk dapat membedakan yang mana teori dengan konsep. Karena banyak yang keliru dalam memahami hal tersebut.

Hubungan internasional memang dari dulu memepelajari tentang teori. Teori ini tidak pernah absenuntuk dipelajari. Karena dengan adanya teori ini dapat lebih memperjelas hal-hal yang masih dianggap ambigu atau pun masih membingungkan bagi penstudi hubungan internasional. Semua ini dapat memberikan pengaruh berarti bagi yang mempelajarinya. Selain itu, semua hubungan internasional mempelajari tentang teori hubungan internasional, tidak terkecuali hubungan internasional yang terdapat di Universitas Airlangga.

Dapat dikatakan bahwa Hubungan Internasional Universitas Airlangga pun tak lepas dari teori. Karena secara khusus Hubungan Internasional Universitas Airlangga sendiri mempelajari teori, yang dikenal dengan Teori Hubungan Internasional. Dengan mempelajari Teori Hubungan Internasional sendiri menjelaskan bahwa Hubungan Internasional Universitas Airlangga sendiri ingin lebih memahami dan memperdalam teori-teori khusus yang dipelajari di hubungan internasional. Dengan mempelajari untuk memperdalam teori-teori yang ada di hubungan internasional haruslah mendapatkan perhatian khusus bagi para penstudi hubungan internasional Universitas Airlangga. Karena dengan mempelajarinya  maka dapat dipahamilah semua yang sesuai dengan apa yang diinginkan agar lebih mengerti untuk mengenal apa yang dimaksud dengan hubungan internasional.

Mungkin dalam mempelajari teori yang ada tidaklah mudah bagi para penstudi hubungan internasional, karena teori yang ada tidak semuanya ada atau pun dapat dijelaskan secara terperinci. Namun, jika ingin mempelajari semua tentang teori memerlukan waktu yang cukup panjang dan cukup lama. Ketika semua orang tidak mengerti tentang teori hubungan internasional mungkinlah bagi mereka tidak akan memahami makna yang ada. Dengan itu semua dapat diketahui bahwa dengan adanya teori dapat memahami makna yang dimaksudkan.

Kesimpulan yang didapat ialah bagi para penstudi hubungan internasional perlulah untuk memahami teori. Karena teori sendiri memiliki dampak yang sangat berarti dan itu semua harus sesuai dengan fakta. Selain itu, dengan ini setidaknya dapat membantu penstudi hubungan internasional untuk mengetahui kejadian apa yang pernah dialami dan pernah terjadi sebelumnya. Semua ini sangatlah bermanfaat untuk ke depanya.

 

Referensi :

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi

kedua, Balai Pustaka.

 

Dugis, Vinsensio. “Teori Hubungan Internasional” (paper presented at the class discuss,

Universitas Airlangga, Surabaya, 28 Februari 2013), [Week-1].

 


1. alfananta

pada : 13 April 2013

"thanks...."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :