Amanda Rizki Yuanita


Run and Jump !

Supply and Demand (Permintaan dan Penawaran)

Dalam memahami ekonomi tidak bisa lepas kaitannya dalam pembahasan mengenai permintaan dan penawaran. Alasan ini dikemukakan karena dalam peranan ekonomi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan adanya permintaan dan penawaran merupakan hal yang paling dominan dan utama yang terdapat dalam pasar. Dalam pasar adanya permintaan dan penawaran dipengaruhi oleh adanya perubahan dalam harga. Namun, dalam perubahan harga tersebut memiliki perbedaan dan terdapat alasan yang menyebabkan harga tersebut naik ataupun turun. Permintaan dan penawaran yang terjadi pada intinya mempengaruhi jalannya mekanisme pasar, yaitu harga dan kuantitas barang (produk) (Guell 2008, 22).

Mekanisme pasar yang mempengaruhi permintaan dan penawaran menyebabkan adanya sikap yang harus ditentukan oleh konsumen maupun produsen (penjual). Konsumen  merupakan individu yang memiliki pengaruh terhadap kebutuhan yang dibutuhkan. Kebutuhan yang dibutuhkan ini merupakan hal yang menjadi objek dan dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen. Hal ini merupakan permintaan yang diajukan oleh konsumen. Sedangkan, penawaran merupakan hal yang dilakukan oleh penjual dengan melihat adanya potensi kebutuhan (Guell 2008, 22-23).

Terdapatnya permintaan dan penawaran yang terjadi dalam pasar ini kemudian menyebabkan kehadiran dari adanya hukum permintaan dan penawaran. Dalam hukum permintaan dijelaskan mengenai “ketika harga naik, maka terjadi penurunan terhadap jumlah permintaan”. Dalam kurva permintaan digambarkan bahwa dalam kurva tersebut dapat mengalami grafik yang naik atau turun. Hal ini dijelaskan melalui adanya sebuah permintaan mengenai sebuah barang akan meningkat jika harga barang tersebut turun. Namun, jika harga barang tersebut naik, maka permintaan terhadap barang tersebut turun. Dalam kasus ini harga dan permintaan berbanding terbalik (Guell 2008, 25-26). Dalam hal ini terdapat faktor penentu yang terdapat dalam permintaan, yaitu taste, income, price of other goods, population of potential buyers, dan expected price. Tasted merupakan faktor penentu yang dinilai oleh konsumen (kondisi). Dalam hal ini bisa dilihat bahwa konsumen akan berani membayar lebih untuk hal yang memiliki good tasted. Income merupakan faktor yang memiliki pengaruh terhadap pendapatan yang dimiliki konsumen dan akan mempengaruhi terhadap inferior yang akan dibelinya berkurang. Price of other goods merupakan faktor yang menjadi penentu jika kebutuhan yang diinginkan tidak ada (beredar), maka bisa digantikan oleh kehadiran barang lain. Dalam hal ini terdapat pembagian kebutuhan, yaitu substitusi dan komplementer. Population of potential buyers merupakan faktor penentu yang menjadi pegangan oleh pasar mengenai kebutuhan (produk) yang dapat menarik perhatian konsumen. Expected price merupakan perkiraan dimasa yang akan datang (Guell 2008, 28-29).

Berbeda halnya dengan apa yang terjadi pada hukum penawaran. Dalam hukum penawaran dijelaskan mengenai ”ketika harga naik, maka akan terjadi kenaikan juga terhadap penawaran”. Dalam hal ini terdapat faktor penentu yang terdapat dalam penawaran, yaitu price of inputs, teknologi, price of potential outputs, number of seller, dan expected price. Price of inputs merupakan faktor penentu yang akan mempengaruhi terhadap jumlah produk yang nantinya akan dihasilkan. Teknologi merupakan kemampuan merubah input menjadi output. Hal ini dilakukan dengan adanya peningkatan terhadap penawaran, namun dengan harga yang tetap. Price of potential outputs merupakan faktor yang menjadi salah satu alasan untuk mendapatkan uang (hasil) lebih dengan adanya pembuktian hasil produk yang baik. Number of seller merupakan bertambahnya penjual dalam menjalankan sebuah kompetisi. Expected price merupakan sebuah ekspektasi harga karena dalam hal ini penjual akan menahan produknya untuk mendapatkan harga yang tinggi (Guell 2008, 30-32).

Kurva yang dialami oleh permintaan dan penawaran mungkin terlihat berbeda jauh sekali. Namun, dalam suatu kasus kurva permintaan dan penawaran nantinya akan bertemu pada suatu titik. Pertemuan ini akan menciptakan equilibrium. Dalam hal ini terjadi sebuah keseimbangan di antara harga yang terjadi di dalam proses permintaan dan penawaran. Terjadinya hal seperti ini merupakan hal yang nantinya akan memperjelas mengenai titik tolak utama permintaan dan penawaran yang terjadi, yaitu dengan dilihat dari harga yang naik atau turun akan mempengaruhi permintaan dan penawaran dari suatu produk.

Kesimpulan yang di dapat dari review diatas, yaitu dengan memahami permintaan dan penawaran akan memberi kejelasan mengenai harga dan kuantitas sebuah produk. Selain itu, terdapatnya pasar merupakan tempat yang memperjelas kegiatan ekonomi. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pasar akan mempengaruhi terjadinya sebuah permintaan dan penawaran.

 

 

Referensi :

Guell, C, Robert. 2008. “Chapter 2: Supply and Demand” dalam Issues in Economics Today. New York: McGraw Hill. 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :